Selamat Datang Di kanari-hime.com ! Dapatkan Suprise Bonus Special Bagi Anda Yang Berbelanja Langsung Di website kanari-hime.com


Sharing Tips Untuk Reseller dan Dropshipper Dalam Memilih Supplier

Sekedar sharing  untuk teman-teman kanari-hime yang mungkin ingin memulai usaha online sebagai dropshipper atau juga reseller. Jika teman-teman senior dropshipper dan reseller merasa punya tambahan info/tips selain yang dijelaskan berikut yang berdasarkan dari hasil pengalaman kalian, yuuk gak ada salahnya saling berbagi informasi tambahan.

Penting bagi teman-teman pengusaha online yang ingin memulai karier sebagai dropshipper atau reseller untuk memilih suplier yang terpercaya, jujur, dan bertanggung jawab.

Mengapa kanari-hime anggap memilih supplier ini adalah hal yang penting??

Sebagai pengusaha, reputasi adalah hal yang sangat penting, karena dengan adanya reputasi yang baik, maka customer akan mempercayai kita sebagai penjual yang jujur dan terpercaya. Dari sini juga kinerja suppier  yang kalian pilih itu bisa mempengaruhi reputasi online shop kalian juga. Dengan memilih supplier  yang terpercaya,  teman-teman bisa tenang menjalankan usaha tersebut tanpa harus khawatir akan masalah dan resiko penipuan.

Ada beberapa cara untuk memilih supplier yang terpercaya antara lain:


  • Selidiki kebenaran alamat website/fans page, dan nomor telephone supplier tersebut untuk menghindari penipuan. Perhatikan respon dari pengunjung atau customer mereka di web site/fans page tersebut.
  • Tanyakan syarat-syarat nya untuk menjadi droppshiper atau reseller, karena masing-masing supplier mempunyai perbedaan sistem
  • Supplier yang berpengalaman dan open untuk dropship dan reseller akan berusaha memberikan yang terbaik untuk kepuasan customer mitra nya, dan mereka biasanya memiliki system management yang sudah tersistem dengan rapih untuk penanganan dropshipper atau reseller, mereka tidak akan memakai konsep sekedarnya dan memberlakukan system yang tidak jelas di kesepakatan awal
  • Pelajari sistem yang digunakan, untuk pembelian satuan,  lusinan dan grosiran, karena biasanya terdapat beberapa sistem cara pembelian dan harga khusus
  • Cermati service mereka, seberapa cepat mereka tanggap terhadap pertanyaan yang teman-teman ajukan,.karena ini berkaitan dengan customer kalian. Karena jika mereka terlalu lama menjawab maka teman-teman akan beresiko di rugikan dan kehilangan pelanggan, bahkan tidak akan ditanggapi jika ada complain dikemudian hari.
  • Cermati bagaimana product knowledge supplier tersebut untuk memberikan informasi dan training instant kepada kalian terhadap produk yang mereka jual. Seorang supplier harus sangat mengerti tentang produknya dari mana produk/brand itu berasal, dan apa kelebihannya,
  • Jika supplier tersebut menawarkan product branded yang di claim asli , yaitu brand kenamaan dari luar negeri, cari info sebanyak banyaknya dengan benar tentang brand tersebut dari negara asalnya (packing asli, detail produk, jenis produknya, kualitasnya, harga display di website-website negara asli, juga perkiraan total harga jika di import ke indonesia) . Jangan sampai kalian malah menjual produk palsu yang di claim asli , karena banyak orang memanfaatkan popularitas brand demi menjaring keuntungan sebesar-besarnya dengan menjual produk berembel-embel asli/original, padahal abal-abal. Semuanya bersumber karena ketidaktahuan dan malas mencari informasi. Ingat lah bahwa zaman sudah canggih, customer pun sudah sangat pintar mencari informasi produk mancanegara dengan cepat, tidak ada alasan sebagai penjual mengatakan tidak tahu apa2 tentang produk tersebut dan menyalahkan supplier. Sekali saja kalian menjual produk palsu yang di claim asli, hal tersebut bisa merusak kepercayaan customer yang akhirnya berdampak buruk terhadap citra online shop kalian, cutomer tidak kenal supplier kalian, mereka hanya tahu kalian sebagai penjual produk tersebut.
  • Tanyakan kesepakatan di awal dengan jelas tentang retur barang jika barang yang dikirimkan ada kesalahan dari pihak supplier (contoh: salah pengiriman order, barang reject, dll). Bagaimana prosedur nya, bagaimana dengan ongkos kirimnya apakah ada pergantian ongkos kirim untuk customer jika customer sudah mengirimkan produk yang bermasalah tersebut ke supplier dan bagaimana ongkos kirim pergantian produk baru dari supplier ke customer? Adakah kompensasi lainnya yang diberikan oleh supplier karena kelalaiannya tersebut, karena mengingat hal terebut mengganggu kenyamanan customer dan cukup membuang waktu customer harus bolak balik pengiriman??
  • Tanyakan dengan jelas di awal tentang penanganan kemungkinan yang terjadi jika pihak ekspedisi pengiriman melakukan kesalahan dengan menghilangkan paket kiriman, bagaimana respon dari supplier menangani kasus seperti itu.
  • Amati cara mereka memberikan informasi update stock barang-barang yang out stock, restock, limited stock yag harus di booking dalam periode tertentu jika droppshipper atau reseller ada yang berminat, info produk baru, info promo, dsbnya. Hal ini memudahkan teman-teman dalam menawarkan produk ke customer lebih cepat responnya dan meminimalisasikan kesalahan penyampaian informasi ke customer. Jangan sampai kalian sudah penuh semangat menawarkan produk dan memberi pelayanan terbaik lalu customer kalian sudah melakukan pembayaran ke kalian dengan super cepat tetapi ternyata produk yang diinginkan sudah tidak ada stock. Penjualan batal, customer kecewa, dan energi juga waktu teman-teman terbuang sia-sia.
  • Langkah terakhir, tidak ada salahnya jika teman-teman mencoba membeli produk tersebut untuk diri sendiri, test dropship ke alamat mu sendiri dan survey hal-hal berikut:
  1. Bagaimana system laporan resi pengirimannya??

Resi pengiriman dibutuhkan untuk menginformasikan ke customer bahwa produk yang dipesan sudah dikirim. Sangat tidak mungkin teman-teman dapat bekerja sama dengan supplier yang dimintai resi saja susah, bahkan pengiriman pun tidak tepat waktu berbelit-belit dalam beralasan dan akhirnya pengiriman jadi molor dari waktu yang dijanjikan, bahkan lupa mengirimkan orderan kalian. Info Resi adalah kewajiban supplier dan hak dropshipper/reseller juga customer. Jangan sampai juga teman-teman sebagai dropshipper dan reseller kena marah dan cacian customer dituduh penipu, dsbnya hanya karena tidak bisa memberikan informasi resi yang benar, dan paket telat sampai dari perkiraan jadwal sampai maximal. Hal tersebut bisa membuat reputasi online shop kalian rusak.


2.  Rapih dan amankah packing nya?

Kita semua tahu bahwa jasa pengiriman tidak semua bisa memperlakukan paket kita dengan baik. Oleh karena itu, harus ada sikap penanganan yang benar dalam packing. kerapihan dan keamanan packing harus memberikan kesan bahwa paket yang diterima kalian atau customer kalian dalam keadaan baik, tidak berantakan, apalagi rusak. Supplier harus bisa menghandle packing dengan teliti, karena tanggung jawab pengiriman di awal ada pada supplier.


3.  Cek ulang, sudah sesuaikah penulisan nama pengirim yang teman-teman minta untuk dropship??

Hal ini sangat penting bagi dropshipper untuk memberikan identitas online shop kalian sebagai pengirim paket walau bukan kalian yang membungkus dan bukan kalian yang berhubungan langsung ke jasa pengiriman.


4.  Sudah sesuaikah produk yang diterima dengan orderan teman-teman?

Resiko jualan online bahwa kita tidak tahu kondisi asli produk yang dipesan, semua hanya berdasarkan foto yang diberikan supplier. Tidak ada salahnya mengecek produk asli yang diterima sudah sesuai dengan orderannya??Dan bandingkan dengan foto yang diberikan apakah sama? Kalau masalah warna bisa jadi ada sedikit perbedaan 90-99% karena efek cahaya pada pemotretan, tapi kalau dari sisi bentuk dan spesifikasi produk yang dijanjikan semuanya harus sesuai dengan foto.



Selamat berbisnis online

Written by

kanari-hime team